Minggu, 20 April 2014

Tugas CSR ( Perbandingan CSR perusahaan dalam negeri dan luar negeri )

PROGRAM CSR PT. INDOFOOD

Sepanjang tahun 2011, ICBP terus melanjutkan komitmennya untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR. Perseroan meyakini bahwa dengan melakukan program CSR yang berkelanjutan akan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Pilar-pilar CSR yang diadopsi dari perusahaan induk, Indofood, memiliki fokus utama yaitu membangun sumber daya manusia, partisipasi aktif dalam kegiatan komunitas, peningkatan nilai ekonomi, menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan solidaritas kemanusiaan.
PROGRAM:

PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA
Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh Perseroan untuk ikut serta dalam membantu membangun SDM Indonesia yang berkualitas, salah satunya adalah Beasiswa Indofood Sukses Makmur.
PARTISIPASI AKTIF DALAM KEGIATAN KOMUNITAS
ICBP senantiasa membangun interaksi sosial dan komunikasi yang baik dengan masyarakat di lokasi di mana unit operasional Perseroan berada. Selengkapnya »
PENINGKATAN NILAI EKONOMI
ICBP terus membangun kemitraan yang berkelanjutan dengan para stakeholders guna meningkatkan dan mendorong pengembangan ekonomi yang berkelanjutan. Program kemitraan ICBP ditujukan bagi keluarga petani dan masyarakat sekitar dengan melakukan kegiatan.
MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN
ICBP terus berupaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup melalui beberapa program yang berbasis lingkungan. Selengkapnya »
SOLIDARITAS KEMANUSIAAN
Perseroan secara konsisten mendukung berbagai program bantuan bagi masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam.

PROGRAM CSR NISSAN GLOBAL

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA — PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mewakili Nissan Global bersama Habitat for Humanity menyerahkan bantuan kepada 100 keluarga di desa Cikopo dan desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Bantuan yang diberikan berbentuk pembangunan 10 rumah dan renovasi 90 rumah warga yang sebelumnya dalam kondisi yang tidak layak huni. Program pembangunan dan renovasi telah dilaksanakan sejak September 2011 lalu.

Kegiatan itu merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility global yang dicanangkan oleh Nissan Co. Ltd. Jepang, sehingga diterapkan di hampir seluruh belahan dunia. Habitat for Humanity sebagai salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) global merupakan partner tunggal untuk pelaksanaan program ini.

”Kami bersyukur karena hari ini dapat menyaksikan perubahan hidup 100 warga di Purwakarta ini, dari keadaan tempat tinggal yang kurang layak menjadi lebih baik. Nissan sebagai salah satu perusahaan yang berada di kawasan ini merasa wajib memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar”, ujar Bagus Pranoto, Project Leader CSR NMI, Jumat, Purwakarta.

Penyerahan simbolis pada hari ini diberikan kepada tiga warga, masing-masing mewakili desa Cikopo dan desa Karangmukti yang sebagian besar berprofesi sebagai buruh tani. Sebelumnya, rumah yang mereka huni berada dalam kondisi yang tidak layak dan bagunannya bersifat semi permanen.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga Bungursari, dan mereka dapat menjalani kehidupannya sehari-hari dengan lebih baik. Nissan merasa terhormat mendapatkan kesempatan untuk membantu mereka.” tambah Bagus.

Sumber :
http://bisnishijauorg/2013/03/11/nissan-renovasi-100-rumah-tak-layak-huni-di-purwakarta/#more-112

Review :

Jika dilihat dari program yang dibuat oleh PT. Indifood dan Nisaan Global , menurut saya keduanya memiliki program yang baik dimana keduanya menerapkan program CSR yang bersifat langsung yang dibutuhkan masyarakat, sehingga masyarakat dapat meraksakan manfaatnya secara langsung . Yang harus diperhatikan pula bahwa program CSR Indofood disini terlihat lebih baik karena memiliki lebih banyak program yaa ngeri semuanya ditujukan bagi perkembangan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar